Kamis, 13 Januari 2011

Yuan Shi-kai dan Sung Jiao-ren

Film seri "For the Sake of the Republic" "Zou Siang Gong He" juga telah diputar di Taiwan. Film ini dalam beberapa skenarionya sempat mengundang kontroversi dan perdebatan di kalangan sejarahwan dan perfilman tahun lalu, misalnya peristiwa wafatnya Kaisar Guang Syu yang merupakan spekulasi dari penulis skenario film ini dan beberapa fakta sejarah lainnya. Jadi film ini juga bukan menceritakan kembali sejarah tanpa polesan seperti film dokumenter.

Yuan dalam sejarah memang ditulis meninggal karena sakit, namun karena ia meninggal dalam kebencian dan kemarahan banyak kalangan termasuk dari bawahannya sendiri, maka sangat besar kemungkinan ia dibunuh oleh bawahannya sendiri. Namun, yang penting adalah sepeninggalnya, warlord2 bawahannya mulai berperang saudara dan merebut kekuasaan. Ini yang kemudian menyebabkan Sun Yat-sen mendirikan Sekolah Militer Huang Pu untuk mengimbangi kekuatan bersenjata warlord2 ini. Perpecahan waktu itu kira2 sama dengan gubernur2 atau penguasa daerah yang berperang satu sama lain dalam Sam Kok di penghujung Dinasti Han atau Warring States Period (Jhan Guo Shih Dai) di penghujung Dinasti Zhou.

Yuan adalah seorang yang sangat antagonis dalam sejarah. Ia menghalalkan segala cara untuk mendapatkan yang ia inginkan, termasuk mengkhianati rakyat yang mempercayainya untuk meneruskan revolusi setelah pendirian Republik pertama di Asia. Ia mengumumkan pembubaran Republik dan berdirinya Chung Hua Empire (Chung Hua Di Guo) yang monarki absolut dengan ia sebagai Kaisar-nya pada tahun 1916. Ia kemudian juga meninggal pada tahun yang sama.

Mengenai pembunuhan lawan2 politiknya, memang merupakan rahasia umum bahwa Sung Jiao-ren dibunuh atas perintah Yuan. Sung terbunuh oleh tembakan pistol di atas kereta api yang ditumpanginya dari Shanghai ke Nanjing pada 20 Maret 1913. Pada waktu itu, ia ingin menghadiri pertemuan atas undangan Yuan ke Beijing. Pada waktu itu di Shanghai telah terdengar suara2 bahwa ia termasuk dalam daftar lawan politik yang akan dibunuh Yuan karena kiprahnya membesarkan Kuomintang. Ia telah dicegah oleh teman2nya untuk menghadiri pertemuan ke Beijing, namun ia tidak takut akan selentingan tersebut.

Ia bersama Sun adalah aktor yang mempersatukan Partai Republik Unifikasi, Partai Rakyat, Asosiasi Kemajuan Rakyat dan Asosiasi Kemajuan Republik menjadi sebuah partai Kuomintang. Pada waktu itu, Kuomintang berusaha menggalang dukungan untuk mendudukkan lebih banyak wakil dalam pemilihan badan legislatif yang dicita2kan mereka setelah pemerintahan sementara Republik terbentuk. Ia pernah duduk menjadi Menteri Kehutanan dan Pertanian dalam kabinet bentukan Yuan, namun mundur karena ketidakpuasannya terhadap Yuan yang dianggapnya tidak pro-demokrasi dan mengkhianati revolusi.

Selanjutnya, diketahui Yuan memerintahkan PM dalam kabinetnya, Zhao Bing-jyun melakukan pembunuhan Sung. Zhao kemudian melalui perantara menghubungi seorang bernama Ying Gui-shing. Dialah yang mencari pembunuh bayaran untuk menghabisi Sung. Pada bulan berikutnya, pembunuh Sung berikut Ying Gui-shing ditangkap atas tuduhan pembunuhan Sung. Namun pembunuh Sung terbunuh di tahanan malam sebelum pengadilan atas kasus itu dimulai. Pada suatu kesempatan, Ying meloloskan diri dari penjara dan meminta imbalan yang dijanjikan Yuan kepadanya atas keberhasilan pembunuhan Sung. Yuan menepati janjinya, namun kemudian juga memerintahkan pembunuhan Ying yang kemudian ditemukan tewas di atas kereta api yang ditumpanginya sewaktu melarikan diri ke selatan. Zhao yang kemudian mengetahui kasus ini mengajukan protes kepada Yuan, namun ia kemudian dibunuh Yuan melalui dokter yang memberikannya racun dalam obat sewaktu Zhao sakit. Melihat banyaknya dosa yang diperbuat Yuan kepada lawan2nya maupun bawahannya sendiri, saya bisa saja mempercayai kemungkinan ia dibunuh oleh orang dekatnya sendiri.

Pendapat lain:

Bahwa Yuan Shikai mati karena memang sakit (kalo nggak salah gagal ginjal). Tetapi apakah memang mungkin mati dibunuh? Kalau membaca cerita Yuan shikai, memang banyak misteri yang belum sepenuhnya terungkap. Salah satu contohnya adalah matinya Kaisar Guangxi (kaisar sebelum Pu-Yi) yang sangat misterius. Tetapi berdasarkan perkiraan, Yuan Shikai aktor di belakangnya.

Contoh lainnya adalah matinya Song Jiaoren, ketua Guo Min Dang (KMT) yang berdasarkan perkiraaan juga didalangi oleh Yuan Shikai.

Saat ini di Singapore di Channel 8 setiap Jumat malam diputar film seri "For the Sake of the Republic" (Zou Xiang Gonghe). Film ini dimulai dari saat pemerintahan Guangxi. Film ini menurut saya sangat bagus karena menceritakan fakta sejarah dan didukung oleh aktor yang berperan sangat baik, khususnya yang memerankan Cixi dan Sun Yat-sen. Film ini ada 59 seri, dan saat ini sudah diputar sampai episode ke-54. Saya kurang tahu apakah film ini juga ada di Indonesia. Tapi kemungkinan sih bajakannya sudah ada:).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar