Kamis, 13 Januari 2011

Bangunan bersejarah China

Cina memang negara yang misterius. Selain geliat politik dan kebesaran dinastinya, banyak hal menarik yang bisa diceritakan dari Negari Tirai Bambu ini. Karena Cina adalah salah satu negara yang masih memegang tradisi secara kuat, banyak heritage yang bisa ditemui ketika melakukan wisata Cina.

Negara dengan populasi terbesar di dunia ini mempunyai beberapa tempat bersejarah yang patut untuk dikunjungi. Selain bangunannya yang “sangat Cina”, tempat-tempat berikut ini merupakan sisa kejayaan dari sejarah Cina yang tidak pernah habis diceritakan sampai saat ini.

1. The Great Wall

Siapa yang tidak tahu salah satu keajaiban dunia ini. Dulu, tembok ini dibangun oleh Dinasti Qin. Tujuannya adalah untuk menghalau pasukan barbar Mongol yang ingin menginvasi Cina. Saking panjangnya, tembok ini masih terlihat jelas. Bahkan, jika Anda menengok bumi dari luar angkasa.

Tembok ini mempunyai panjang 6.400 kilometer. Yang berarti hampir sepuluh kali jarak Bandung-Surabaya. Selain tembok, di setiap 200 meter, dipasang menara pengintai untuk berjaga. Jalur yang ada di atas tembok ini ditujukan bagi pasukan berkuda Cina.

2. The Forbidden City

The Forbidden City Sering disebut sebagai “Kota Terlarang”. Ini adalah bekas peninggalan Dinasti Qin dan Ming yang ada di Cina. Dulu, orang Mongol dan pasukannya pernah sampai ke tempat ini ketika melakukan invasi ke Cina. Letaknya tepat di Beijing, yang sekarang menjadi ibukota Cina.

Menurut penelitian UNESCO, tempat ini mempunyai koleksi struktur kayu kuno terbanyak di dunia. Luasnya adalah 720.00 meter persegi dan mempunyai 800 ruangan yang berbeda. Jika sering menyaksikan film-film kolosal dari Negeri Tirai Bambu ini, pasti Anda tidak akan asing dengan pemandangannya.

3. Terracotta Army

Negara Cina mempunyai kepercayaan bahwa jika seseorang meninggal, keluarga atau kerabat terdekatnya diharuskan untuk mewariskan sesuatu untuk bekal di akhirat nanti. Banyak orang membakar uang dan rumah-rumahan agar orang yang meninggal tidak akan kesulitan di akhirat.

Monumen ini berada di Provinsi Shaanxi. Di dalamnya, terdapat 7.000 pasukan yang siap melindungi kaisar di alam nanti. Begitulah kepercayaan masyarakat Cina Kuno. Pada dasarnya, monumen ini merupakan makam kaisar pertama dari Dinasti Qing.

4. Temple Of Heaven

Pada abad ke-15, Temple Of Heaven dijadikan sebuah tempat untuk menumbalkan korban pada dewa-dewa agar hasil panen yang didapat masyarakat berlimpah. Luas bangunan ini 273 hektar. Jika ingin melihatnya, Anda bisa pergi ke Beijing.

Awalnya, kuil ini dibangun untuk memuja langit dan bumi. Namun, pada masa pemerintahan Dinasti Qing, kuil ini dipisah menjadi dua. Untuk memuja langit dan bumi dan untuk memuja matahari dan bulan. Dari arsitekturnya, kita bisa meilhat bagaimana orang dahulu sangat percaya dengan simbol bumi yang kotak dan langit yang bulat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar