Minggu, 06 Januari 2013

凤凰/鳳凰 ( feng Huang)/Phoenix.



Feng Huang/Phoenix adalah Burung mitologi kuno orang TiongHoa, Yang jantan disebut Feng dan betina disebut Huang.
Di masa sekarang ini perbedaan kelamin tersebut sudah jarang dipakai. FengHuang kerap ditemukan berpasangan dengan Naga yang memiliki konotasi jantan. didunia barat, FengHuang sering dihubungkan dengan phoenix.
Di kalangan Tionghoa-Indonesia, FengHuang sendiri biasanya dikenal dengan nama dalam dialek Hokkian/tiociu:Hong. biasanya dilafalkan berpasangan dengan Naga sehingga dilafalkan menjadi Leng-Hong (龍鳳,long feng).

Pada masa TiongKok kuno, FengHuang sering ditemukan pada dekorasi pernikahan atau keluarga ningrat bersamaan dengan Naga. Ini disebabkan tradisi orang TiongHoa yang menganggap naga dan phoenix sebagai simbol hubungan yang mesra antara suami dan istri, sebuah bentuk metafora antara yin dan yang.
FengHuang juga adalah nama kabupaten di provinsi Hunan.

Phoenix dikatakan dapat hidup selama 500 atau 1461 tahun. Setelah hidup selama itu, Phoenix membakar dirinya sendiri. Setelah itu, dari abunya, munculah burung Phoenix muda. Siklus hidup burung Phoenix seperti itu (regenerasi), Phoenix merupakan simbol dari keabadian, lambang dari siklus kehidupan setelah mati, dan simbol dari kebangkitan tubuh setelah mati.

Phoenix menjadi simbol suci pemujaan terhadap Dewa matahari di Heliopolis, Mesir. Burung Phoenix simbol dari "Dewa Matahari - Ra".sedangkan di Jepang disebut Hou-Ou dan Suzaku(Vermilion Bird = Burung Merah). Suzaku berasal dari huruf kanji shu = merah tua dan jaku = burung gereja,yang dilambangkan dengan seekor burung phoenix merah.Suzaku yang menjaga arah selatan ini mewakili musim panas,warna merah dengan element api.

Phoenix hampir selalu dilukiskan berwarna merah dan emas, dikenal dengan nama "Benu" di Mesir Kuno. Ia juga simbol penting kota Heliopolis. Dalam "Book of the Death" dari Mesir kuno, sebuah teks religius yang ditulis pada tahun 2000 SM, sang phoenix menyatakan, "Aku adalah penjaga Catatan Takdir, buku tentang hal yang telah terjadi dan akan terjadi".

Dalam Hieroglyp Mesir, lukisan Phoenix merupakan simbol kehidupan abadi hingga kini.
Para penulis biasanya menggunakannya sebagai lambang cinta yang tak pernah padam dan kesetiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar